Jatim Siap Pasok Bahan Bangunan dan Tukang ke NTB

Pemprov Jawa Timur (Jatim) siap mengerahkan potensi yang dimiliki untuk membantu penanganan pascabencana gempa di NTB. Jatim siap memasok bahan bangunan dan tukang untuk kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi di NTB.

Baca Juga: granit lantai 

Hal tersebut dikatakan Gubernur Jatim, Soekarwo disela-sela menghadiri rapat koordinasi penanganan bencana yang dipimpin Wapres H. M. Jusuf Kalla di Kantor Gubernur, Selasa, 21 Agustus 2018. Ia mengaku ditelepon Wapres sebelum rakor di NTB.

Baca Juga: keramik kamar mandi minimalis 

‘’Pak Wapres mengatakan kalau nanti rehab rekon memerlukan berbagai material. Dan itu nanti akan diambil dari Jakarta, itu tidak efisien. Yang paling mungkin stok bahan bangunan untuk mengirim dengan jumlah luar biasa untuk rehabilitasi maupun rekonstruksi itu dari Jawa Timur,’’ kata Soekarwo.

Artikel Terkait: harga seng galvalum

Tahap Awal, Pemerintah Kucurkan Rp 1 Triliun. Dalam rakor penanganan bencana tersebut, Soekarwo mengatakan dirinya membawa pengusaha dan distributor yang menyediakan semen, besi, baja ringan dan bahan-bahan bangunan lainnya.

Selain itu, ia juga membawa pengusaha yang bergerak dalam penyediaan aspal dan pemecah batu.

DPRD NTB Resmi Usulkan Penetapan Bencana Nasional. Mengenai jumlah bahan bangunan yang dapat dipasok, Soekarwo mengatakan tergantung dari kebutuhan. Selain siap memasok bahan bangunan, Jatim juga sanggup memasok tukang atau tenaga kerja untuk mengerjakan pembangunan puluhan ribu rumah yang rusak akibat gempa.

‘’Prioritas sekarang rehabilitasi berarti material bangunan. Kalau dibutuhkan tenaga tukang juga kita siap. Karena pada saat bencana Gunung Kelud meletus dengan 14.230 rumah rusak, kita selesaikan satu bulan. Dengan status bencana provinsi,’’ ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s