Para Pengusaha Kirim Bahan Bangunan dan Tukang ke Lombok

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo ikut berduka cita atas bencana yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia pun datang ke Lombok bersama Wapres Jusuf Kalla Selasa (21/8) membahas rehabilitasi pasca gempa. Dalam kesempatan ini, Pemprov Jatim menyatakan kesiapan untuk membantu semua hal, termasuk bertukar pengalaman dan sekaligus ikut merehabilitasi kondisi pasca gempa.

Baca Juga: rangka atap baja ringan 

“Jatim siap mengirimkan bahan bangunan dan material seperti batu bata, pasir, semen dan lain lain, Demikian pula, tenaga-tenaga seperti tukang apabila diperlukan. Begitu juga tenaga medis, yang akan standby untuk memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan,” ujar Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo, dalam keterangan tertulisnya.

Artikel Terkait: harga besi hollow 4×4 

Pakde Karwo juga langsung melakukan konsolidasi dan berkomunikasi dengan Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang M.

Zainul Majdi dengan berbagi pengalaman terkait tindakan yang perlu dilakukan pasca terjadi bencana. Menurutnya, beberapa tindakan yang harus dilakukan pemerintah yaitu, evakuasi masyarakat, memulihkan semua infrastruktur jalan yang mengalami kerusakan, pendataan kerusakan dan kerugian akibat bencana, dan penanganan darurat kerusakan akibat bencana.

Pakde pun mencontohkan saat terjadi bencana erupsi Gunung Kelud di Kediri, terdapat sekitar 14 ribu rumah mengalami kerusakan. Semua perbaikan diselesaikan selama satu bulan.

“Kerjasama dengan masyarakat, Kodam V Brawijaya dan Polda Jatim,” ungkapnya.

Penanganan bencana, ditangani bersama instansi/lembaga terkait bencana, baik saat pra, saat berlangsung, maupun usai bencana. Secara teknis, penanganan bencana dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, lembaga terkait seperti TNI, Polri, dinas sosial, swasta, dan masyarakat, termasuk taruna siaga bencana (Tagana).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s