Ubah Paralon dan Kayu Jadi Miniatur Kereta Bernilai Ekonomi

Kegagalan merupakan kesuksesan yang terlambat, kata bijak itu sebagai dasar Dimas Anggoro Gauli Prihanarta, pelajar SMA warga desa Jabon, Mojokerto. Remaja yang masih tetap berumur 18 tahun itu dapat membiayai hidupnya sendiri dengan membuat kerajinan miniatur kereta api (KA).

Baca Juga: harga pipa PVC rucika

Nasi Kotak Siap Kirim Ala Yusak Setiawan
Mengundang selera, Ini Panduan Usaha Taman Rekreasi Pengunjung Suka Untung Juga Datang
Panduan Sukses Lakukan Usaha Kosmetik, Mungkin saja Dapat Ikuti Jejak Kylie Jenner
Karena kegigihannya ia dapat membuat miniatur kereta yang telah di pasarkan di beberapa kota di Indonesia. Kerjakan miniatur dikerjakan Dimas sesudah pulang sekolah, seolah tidak ada waktu sekedar untuk bergabung maupun bercengkerama dengan teman-temannya karena pesanan miniatur mesti cepat usai serta di kirim ke pemesan.

Baca Juga: harga pipa galvanis 2 inch

Miniatur dibikin Dimas memakai pipa paralon serta kayu. Jemari-jemarinya tampak demikian trampil. Satu-satu bahan dipersiapkannya memakai alat simpel berbentuk gergaji besi, cutter dan gunting memiliki ukuran tengah, pipa paralon memiliki bahan plastik yang lalu dipotong sama dengan ukuran yang diharapkan.

Artikel Terkait: harga besi pipa 

Potongan pipa itu lalu disambungkan dengan gerbong memiliki bahan akrilik yang awal mulanya sudah dibuat demikian rupa. Setelah itu, Dimas membuat pernak-pernik kursi kereta api memakai bahan kimia berbentuk resin, kemudian dihaluskan. Setelah itu, gerbong KA dicat sama dengan warna kereta sebenarnya.

Usaha membuat miniatur KA ini telah ia jalani semenjak 2014. Awalannya anak ke-2 dari tiga bersaudara ini tetap tidak berhasil untuk membuat gerbong dari paralon, akan tetapi, karena ketekunannya ia dapat keluar dari jurang kegagalan itu. “Keahlian membuat miniatur KA didapatkan dengan cara autodidak, belajar dari internet serta banyak ganti saran dengan anggota komune pencinta KA, ” katanya.

Untuk pasarkan hasil kerajinan miniatur KA dikerjakan dengan media sosial facebook. Di Facebook ada group komune pencinta KA hingga begitu ringan untuk memasarkannya. Harga miniatur buatan Dimas mempunyai harga yang beragam pada Rp250 ribu sampai Rp400 ribu. Beberapa konsumen rata-rata hadir dari beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, bahkan juga ada pula konsumen yang datang dari luar Jawa. Keuntungan jual miniature dipakai Dimas untuk membayar cost sekolahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s